Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 13 Agustus 2012

Pencegahan penyakit hepatitis dengan kebersihan tubuh


Menurutnya, sekitar satu setengah juta orang di Indonesia meninggal pertahunnya akibat penyakit Hepatitis B dan C. Sehingga Kementerian Kesehatan RI, terus melakukan penanggulangan dengan tindak pencegahan. Diantaranya melalui pencegahan primer dengan melakukan promosi dan imunisasi, pencegahan sekunder dengan penapisan (screening) dan pencegahan tersier dengan mencegah keparahan dan rehabilitasi penderita.
Penyakit hepatitis tidak hanya mampu diatasi melalui vaksinasi atau imunisasi, namun yang juga perlu diperhatikan adalah masalah higienitas atau kebersihan tubuh. Karena sangat menunjang seseorang terhindar dari ancaman penyakit yang dapat menular dengan cepat melalui berbagai media.“Untuk mencegah penyakit hepatitis terhadap diri kita, upaya yang perlu diperhatikan dalam pengendalian penyakit hepatitis adalah promosi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Penapisan donor darah oleh PMI dan pengembangan jejaring surveilans epidemiologi hepatitis,” ungkapnya. Dalam melakukan tes cepat supaya dapat mendeteksi penyakit Hepatitis B dan C membutuhkan biaya besar. Oleh karena masih tingginya biaya yang dibutuhkan, maka tidak heran jika jumlah penderita penyakit Hepatitis B dan C masih berupa fenomena gunung es di Indonesia.(den)
 Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar penyakit hepatitis, temukan informasi tersebut di website ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar